Lucid Dream


Lucid Dream
 


Pernah ga kalian suatu kali merasa bahwa kalian bisa mengendalikan mimpi? apakah yang kalian rasakan? apakah mimpi itu terasa sangat nyata?..Bahkan mungkin kalian bisa mengatur skenario mimpi kalian sendiri dari awal sampai akhir..atau mungkin agan pernah merasakan hebatnya sensasi pengalaman terbang di alam mimpi,bahkan menghadirkan sesosok manusia lawan jenis yang agan cintai atau agan puja-puja,(hahaa..biasanya ngapain tuuh?)

Tenang dulu..itu semua bukan masalah bahwa kalian punya kelainan atau punya kekuatan supranatural..(hoho) sebenernya fenomena diatas semua adalah kejadian normal dan bahkan semua manusia di dunia bisa melakukannya,entah itu secara bakat atau teknik.Nah,kami semua disini dan para Dream Benders sedunia menyebut fenomena tersebut dengan istilah ‘Lucid Dream’

Dibawah ini merupakan catatan (lumayan) lengkap mengenai Lucid Dream yang aku dapat dari forum terkenal kaskus. Bacanya harus relaks supaya pesan dan maknanya bisa terpahami dengan baik. :)
Hah? Lucid Dream??
ya..Lucid Dream.mungkin bagi yang baru tahu istilah ini pasti masih bertanya2.nah,bagi yg masih bingung gambarannya,baru2 ini di bulan Juli 2010 ternyata muncul film yang memperkenalkan gambaran bagaimana Lucid Dream itu terjadi..ya! Inception..percaya ga percaya semua yang terjadi di film itu,meliputi mengendalikan mimpi,sharing mimpi,dan fantasi mimpi..90% bkn Hoaxx dan kita,manusia biasa pun bisa melakukannya cuma berbekal imajinasi dan latihan..gimana?? sungguh menarik bukan??
Lucid Dream biasanya muncul ketika seseorang sedang ditengah-tengah mimpi dan tiba-tiba sadar bahwa ia sedang bermimpi,atau bahkan bisa didapatkan dengan teknik-teknik tertentu. keadaan tersebut disebut dengan mimpi yang “lucid”(lucid=jelas) dan bisa masuk kedalam beberapa level of lucidity. pada level yang rendah (pengaruh luciditynya lemah) orang tersebut hanya sedikit sadar bahwa ia sedang bermimpi, tapi belum bisa mendapatkan kendali penuh terhadap mimpinya. pada level yang tinggi (pengaruh luciditynya kuat) orang tersebut sadar sepenuhnya bahwa ia sedang bermimpi, dan bisa sepenuhnya mengontrol segala gerak-geriknya di dalam mimpinya bahkan dapat melakukan apa saja yang dia inginkan.
Kita juga bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa kita lakukan di dunia nyata.Seperti memunculkan benda-benda yang kita inginkan misalnya mobil,motor,rumah,bahkan orang sekalipun gan!,kita jg bisa terbang,berlari cepat layaknya film Jumper!,bahkan berubah menjadi pahlawan super seperti spiderman atau superman..WAW!

Lucid Dream, Singkatnya, Lucid Dream adalah keadaan dimana kita sadar kalau kita sedang bermimpi. Dengan kata lain, tujuan penelitian ini adalah membuat seseorang dapat masuk ke keadaan lucid dream secara sadar dan sesuai keinginan. Lucid Dream terbagi dua.
1. Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD)
adalah keadaan saat kita sadar kita sedang berada dalam mimpi SAAT sedang di tengah mimpi. Ini lebih sering terjadi, dan ini lebih ke arah kebetulan.
2. Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD)
adalah keadaan lucid dream yang disengaja.

Oneironaut adalah orang yang bisa bebas menjelajahi mimpi(di sini,Kita memanggilnya Dream Bender supaya lebih mudah diingat dan menyebutkannya), dan menurut penelitian, keadaan ini seharusnya dapat dilatih! Ada beberapa tokoh sejarah yang tercatat sebagai DreamBender. Salah satunya, untuk contoh, adalah Richard Feynman, peraih nobel fisika yang terkenal saat berhasil menemukan kenapa Shuttle Chalengger meledak. Dia seorang DreamBender natural, bisa dibaca di catatan-catatannya di bukunya.
Bagaimana cara menjadi Dream Bender? Richard Feynman mencobanya dan berhasil hanya dalam sekali coba. Caranya adalah dengan menjaga kesadaran saat kita mulai tertidur.
Mengerti? Biasanya, kita tak sadar dan tiba-tiba saja sudah terbangun keesokan harinya. Kapan tepatnya kita tertidur? Untuk menjadi seorang Dream Bender, kita harus melatih diri dan berusaha memperhatikan kapan tepatnya kita tertidur. Saat kita berhasil sadar saat menembus membran antara bangun-tidur ini (dikenal dengan istilah hypnagogic state), secara teori kita akan bisa sadar saat tiba di alam mimpi.
Cara ini disebut Wake initiation of lucid dream (WIoLD). Teknik Step by stepnya adalah seperti ini:
1. Konsentrasi dan Relaks. Tutup mata dan konsenerasikan pikiran ke relaksasi sekujur tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kontrol pernafasan dan lambatkan.
2. Buka mata pikiran. Maksudnya, coba buat bayangan visual sementara mata kita tertutup.
3. Jaga pikiran agar tetap sadar. Inti dari WIoLD adalah membuat tubuh relaks tetapi pikiran terjaga dalam keadaan santai. Kalau pikiran tegang, tubuh tidak akan mau tidur.Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya berhitung, membayangkan diri sedang naik turun tangga, dan lain sebagainya. Fase 2 dan 3 dapat dilakukan sendiri sendiri atau bersamaan.
4. Ini adalah fase utama, perhatikan baik-baik. Kebanyakan orang (termasuk saya) sering berhasil tiba di fase ini tapi gagal masuk ke fase selanjutnya. Padahal barrier antara dunia nyata dan dunia mimpi sudah setipis kerta.

Saat kita tiba di hypnagogic state dalam keadaan sadar, kita biasanya akan mengalami sleep paralysis (yang biasa dikenal dengan diduduki jin saat tidur), mendengar suara-suara keras, sulit bernafas, sensasi jatuh atau berputar-putar, dan perasaan melayang ke dimensi lain. Kebanyakan orang akan panik dan terbangun. JANGAN! Tenangkan diri. Tenang saja, belum ada orang mati karena masuk ke alam mimpi. Pertama mungkin akan panik dan terbangun, tapi kalau cukup sering tiba di fase 4 ini, mudah-mudahan rasa panik itu akan hilang
5. Ini adalah fase setelah kita berhasil tiba di alam mimpi. Kita akan mengalami sensasi seperti berada di ruangan atau terowongan yang gelap gulita. Kadang orang sudah sampai sini, panik, dan terbangun. SAYANG SEKALI!!!
Saat kita tiba di sini, dengan berkonsenterasi cukup keras, kita dapat memilih dan menjelajahi mimpi kita sendiri. Dan kita secara resmi berhasil menjadi seorang Oneironaut/Dream Bender
Tentu saja, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Oleh karena itu, saya meneliti cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempermudahnya. Cara-cara tersebut adalah:
1. Dream Journal.
Ini adalah teknik paling dasar dan harus dilakukan terus menerus. Sediakan pensil dan kertas di sebelah kasur kita, dan setiap kita bangun tidur, langsung catat apapun yang teringat dari mimpi kita. Banyak orang sulit mengingat mimpi, cara ini akan membiasakan otak untuk mengingat mimpi. Dream Journal juga akan membantu memperjelas Lucid Dream.
2. Makan Pisang.
Serius. Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6 per gramnya. Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Beberapa bahan makanan lain mengandung Serotonin cukup banyak, misalnya tomat dan kacang. Tapi serotonin sulit diserap oleh otak, karena terhalang oleh blood-brain barrier yang melingkupi otak. Coba makan banyak pisang tiap hari, terutama setelah makan malam.
3. Vitamin B6 dan Kaffein
Di thread ini pun pernah dibahas kalau Vitamin B6 memang bisa merangsang mimpi kita menjadi lebih berwarna dan terasa nyata,seperti makan pisang.Vitamin B6 bisa dicari di Apotek,dan harga nya tidak terlalu mahal.Belum terlalu terbukti memang kaffein bisa merangsang Lucid Dream.
4. Wake-Back-to-Bed (WBTB)
Ini adalah teknik untuk berusaha langsung masuk ke fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur saat terjadinya mimpi. Tidurlah dalam keadaan lelah, kemudian bangun 4-5 jam kemudian. Dalam keadaan mengantuk, konsenterasilah pada teknik WIoLD.
5. Lucid Timer
Ini juga cara yg sudah pernah terbuktikan sm beberapa orang kalau Lucid Timer memang efektif apalagi jika digabung kan sm teknik lain menjadi,WILD + Timer atau WILD + WBTB + Timer
Untuk orang yang kesulitan sadar sampai hypnagogic state, bisa juga menggunakan cara ini: pasang jam weker/minta orang bangunkan 1/2 jam-1 jam setelah kita mulai berusaha tidur. Biasanya kita mulai kehilangan kesadaran pada waktu itu. Tapi jangan bangun! tetap dalam kondisi setengah tidur, coba lagi teknik WIoLD dan berusaha sadar menembus hypnagogic state sekali lagi.

Apa saja yg bisa kita rasakan pada waktu LD?
Hampir semua yg bisa dirasain ke 5 indra kita di kehidupan nyata, bisa dirasain dalam Lucid dream…
Penglihatan(Visual)
Kita bisa melihat visual hitam putih, warna klasik sampai berwarna seperti real atau malah over exposure color.
berbeda dengan mimpi biasa kita selalu dapet mimpi yg kurang berwarna, blur atau hitam putih aja…
Dalam LD Kita bisa melihat cahaya yang sangat terang maupun gelap gulita…
Kita bisa melihat visual yang sangat nyata dan detail, sampai gambar kartun. Kadang2 kita juga melihat pemandangan yang glowing.
Dan jangan heran, jika latar dari mimpi kita bisa juga berupa pemandangan abstract dan latar luar angkasa.

Pendengaran(Suara)
Kita bisa mendengarkan suara suara orang berbicara dengan jelas, suara burung berkicau sampai suara bom meledak. Kemampuan tersebut memungkinkan kita berkomunikasi dengan jelas, dengan karakter lain yang didalam mimpi kita.
Suara tidak jelas terkadang sering terdengar waktu WILD, dalam transisi ketika antara terjaga dan bermimpi(sleep paralysis). Dari suara noise, sesuatu yang pecah,orang berbisik, teriakan, tangisan atau suara orang berbicara dalam bahasa asing.
Kebanyak orang akan merasa ketakutan mendengar suara2 tersebut karena memang seram. Namun suara tersebut diatas akan hilang begitu kita udah masuk fase lebih lanjut.
Penciuman & Pengecapan.
Penciuman:
iya kita bisa mencium wangi2an, bau durian, wangi bunga.. atau wangi seseorang yg kita temui dalam mimpi.. malah terkadang lebih tajam indra penciuman kita dibanding dengan real
Pengecapan:
sepertihalnya indra penciuman, kita bisa merasakan enak-nya makanan atau minuman.
Tapi secara pribadi saya tidak pernah merasakan pedas,asam, pahit.. yang ada yah yang enak2 aja.. atau paling parah yah merasakan “Hambar” saja.
Peraba.
Kita bisa merasakan kasarnya tektur batu, pasir… lembutnya dan kenyalnya kulit cewe yg kita raba dan merasa terangsang…(this is the best part).
Kita sebaliknya sangat jarang bisa merasakan kesakitan atau kepanasan dalam mimpi, kalau ada pun itu terjadi itu masih dalam tahap sangat ringan.
contohnya dalam LD, kita mimpi mencoba mencubit tangan sendiri yang kerasa adalah sentuhan jari ketangan kita.. tapi tidak merasakan sakit.
atau mimpi tertembak oleh pistol, ditusuk samurai sampai berdarah2, yang kerasa adalah sesak napasnya tekanan didaerah tubuh yg terkena.. tapi sakitnya sama sekali tidak terasa. Malah setelah itu, kita sembuh dan sehat lagi (jadi ingat Claire-nya serial HEROES hehehe)
Jauh lebih gampang merasa sensasi terangsang daripada sensasi sakit…. enak yah LD

Diluar kelima indra diatas.
Emosi.
Nahh yang ini nih, klo dalam mimpi biasa klo kita senang bisa senang sekali, marah bisa marah sekali, terharu atau sedih bisa sampe menangis tersedu.. kadang terbawa sampe terbangun.. (over acting sehh)
Sebaliknya didalam LD, emosi kita malah sangat stabil dan netral gan..(lah iyalah kan tau itu hanya mimpi)
Masa ane harus marah2 gara cewe yg ane summon direbut sama agan Uswin… yah summon lagi yah yg baru, gitu aja repot.
(sorry agan uswin, itu hanya contoh… lagi2 Uswin hehehehe)
Jadi buat agan2 yg ingin melatih emosinya biar lebih stabil, sering2 lah Lucid Dream.

Takut
Takut karena menghadapi mimpi buruk, takut ketinggian, Biasanya ketakutan itu sering timbul karena kita belum sepenuh sadar dalam lucid dream.
Oya, Lucid dream juga bisa membantu kita menanggulangi mimpi buruk.
Misalnya kita mimpi ketemu hantu karena kita sadar klo lagi mimpi, kita hajar aja itu hantu, selesai. Tinggal lanjutin kemimpi yang lain yang lebih indah.
Bagai mana agar Penglihatan/visual bisa lebih jelas?
Agar visual lebih jelas, secara fisik kita bisa mengkonsumsi Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6(Pyridoxin hydrochloride).

Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Coba rajin2 makan pisang tiap hari, terutama setelah makan malam, Mimpi kita akan jadi lebih jelas dan berwarna.
Selain itu kita bisa mempertajam visual dengan memperhatikan detail dalam mimpi, contoh melihat rumput yg bergoyang, pasir..dsb.
Hal yang menggangu Lucid dream.

Mimpinya mulai pudar atau kehilangan lucidity.
ada saatnya mimpi kita menjadi pudar, dan kelamaan kita bisa terbangun atau masuk dalam mimpi biasa.
Ada beberapa teknik untuk membuat mimpi kembali nyata salah satunya, begitu kita merasa mimpi jadi pudar secepatnya luruskan tangan dan putar badan (badan dalam mimpi). ngak perduli mau putar gaya balet ato gaya batu yg penting badan berputar aja, sambil berputar niatkan kembali untuk kembali bermimpi.

False Awakening
sering kali kita bisa tertipu oleh “false awakening”, kita merasa wah saya udah kembali ditempat tidur, badan saya sekarang lagi diatas kasur, saya udah terbangun, ahhh ternyata teknik berputar saya gagal… yang sebenarnya kita masih bermimpi. jika itu terjadi, akhirnya kita malah masuk mimpi normal karena percaya sama tipuan tadi.

Biasakan Reality check, lihat jari tangan kita, bertambah atau berkurang? , lihat jam waktunya berputar dengan normal tidak.. atau coba cubit pipi kita sakit apa ngak..
“Semakin kita berpengalaman dengan Lucid dream, semakin besar kemungkinan kita diganggu sama “False awakening” daripada kehilangan lucidity”

Gangguan fisik.
Misalnya, alarm HP, Dibangunin orang rumah, digigit serangga, kena tetes air hujan.. atap rumah pada bocor.

Batasan LD
Hampir tidak ada batasan dalam LD, kita bisa melakukan hampir semua hal yg tidak kita mampu lakukan dalam dunia nyata. termasuk menjadi superman

Dari warrior sampai jadi Wizard… pokoknya terserah dah.. sampai hal2 yg melanggar hukum dan normal bebas dilakukan (tapi awas jgn keseringan).
Salah satu referensi tentang lucid dream
URL : http://www.lucidity.com

Tambahan:
Kita bisa merasakan gaya gravitasi bumi didunia mimpi, walaupun kita bisa terbang secara tidak sadar kita juga akan tertarik turun kebawa.. mungkin itu bawaan sadar yah.

Untuk penyempurnaan kemampuan meraba dalam mimpi, coba usahakan kita raba dan rasakan dengan tangan kita tekstur benda yg kita raba..
misalnya kita memegang senjata berupa pedang, rasakan tektur gagang pedang tersebut, berat-nya. Jika diayunkan, rasakan daya dorong atau impact yg dihasilkan dari pedang yg kita pegang tersebut. maka lucid dream kita akan semakin terasa nyata.

Apa itu lucid dream ? pengertian berdasarkan kosa katanya adalah,
lucid = jelas/cerah/terang
dream = mimpi
jadi secara gamblangnya secara kosa kata lucid dream adalah mimpi yang jelas/cerah/terang.

tetapi apa sebenarnya lucid dream itu ? fenomena apakah itu ? dan bagaimana itu bisa terjadi ? coba ane analisa disini.
Fenomena lucid dream ini sebenarnya telah banyak disebutkan di masa masa lampau, hanya saja baru beberapa dekade ke belakang ini, komunitas sains mulai mengakui keberadaan fenomena satu ini.

Dimulai dari para suku indian (para dukun shaman) mereka menerapkan suatu bentuk meditasi yang mampu untuk mempertahankan kesadaran meskipun tubuh sudah beristirahat.
kemudian abad ke 5, sebuah surat dari St. Augustine menyebutkan bahwa dia sadar dalam mimpinya.
kemudian abad ke 8 lucid dream kembali terekam oleh para biksu tibet, pada buku berjudul ‘Tibetan Book of the Dead’, dalam buku tersebut, para biksu tibet menerapkan suatu bentuk meditasi yoga yang mampu mengajarkan untuk menjaga kesadaran dalam mimpi.
awal abad 19 seorang ilmuwan bernama Marquis d’Hervey de Saint-Denys menerbitkan sebuah buku berjudul ‘Dreams and How to Guide Them’, dimana buku ini berisi mengenai dokumentasi dari kegiatannya meneliti mimpi selama 20 tahun, dan dibuku ini dijelaskan selangkah demi selangkah perkembangan kemampuannya dalam mengontrol mimpi, dimulai dari dream recall, hingga control mimpi.
kemudian psikolog dan ilmuwan mimpi dari belanda bernama Frederick Van Eeden, merupakan orang pertama yang menggunakan istilah ‘Lucid Dream’ dan pada tahun 1913, dia menerbitkan jurnal pada komunitas ilmuwan psikolog mengenai lucid dream dimana pada jurnal ini, dia merekam 352 lucid dream yang dialaminya dari tahun 1898 dan 1912. judul jurnal ini adalah ‘A Study of Dreams’.
dan tahun beberapa tahun belakangan ini terdengar sebuah nama ‘Dr.Stepehen laberge’ dosen stanford yang tertarik dengan dunia lucid dream. berkat hasil penelitiannya dengan dr. Lynn Nagel, komunitas ilmuwan mulai mengakui lucid dream secara sains.
Dari pengantar diatas, sudah jelas bahwa fenomena lucid dream memiliki sejarah yang sangat panjang, dan dari generasi ke generasi selalu terjadi, karena memang lucid dream merupakan suatu fenomena yang terjadi dalam hidup kita entah kita tahu ataupun tidak.

Pengertian umum dari lucid dream adalah, sebuah mimpi dimana dalam mimpi tersebut, pikiran kita sadar dan mampu menyadari bahwa saat itu merupakan sebuah mimpi. Ya pada umumnya pengetian lucid dream sesederhana itu, kita sadar dalam sebuah mimpi.
Konsekuensi dari pikiran yang sadar dalam mimpi itulah yang membedakan antara mimpi biasa dan lucid dream, seperti yang telah ane jelaskan sebelumnya di page2 sebelumnya, ato malah ada di page 1, lucid dream jelas membawa konsekuensi tersendiri bagi jalannya sebuah mimpi yang sedang terjadi. konsekuensi yang terjadi adalah, pikiran kita menyadari bahwa lingkungan yang sedang dialami saat itu adalah sebuah mimpi, sehingga logika kita sebagai manusia yang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari mulai terangsang dan mulai menunjukan fungsinya dengan benar.
contohnya begini, kalo dalam mimpi biasa pikiran kita tidak melakukan filter informasi, sehingga kita kita melihat katakanlah gajah berwarna ungu dalam mimpi maka dalam mimpi itu, keganjilan seperti ini dianggap sebagai fakta oleh pikiran sehingga mimpi kita tetap berlanjut selayaknya sebuah drama yang berlangsung tanpa memperdulikan logika, kasarannya seperti ini mimpi terbentuk :
adi pergi ke pasar, kemudian di pasar adi bertemu gajah berwarna ungu dipasar dan kemudian adi melihat ada permen berwarna ungu, lalu adi kemudian memakan permen itu, kemudian adi cari tongsampah, lalu adi kepleset masuk tong sampah dan muncul tiba di sebuah mall, di dalam mall adi bertemu teman, dan bla bla bla, ….. mimpi layaknya sebuah blok puzzle yang disusun oleh otak kita dan biasanya tidak beraturan, meskipun masih dalam satu tema.
Nah, dalam kasus lucid dream berbeda, ketika pikiran kita ‘terbangun’ dalam mimpi, maka konsekuensinya pikiran kita akan bertanya tanya, sebenarnya apa yang terjadi, mengapa ada gajah berwarna ungu, itu tidak logis, di dunia nyata g ada gajah berwarana ungu, nah, pikiran kita mulai menjalankan fungsinya, memilah informasi. dan otak kita mulai bisa menetukan tindakan apa yang bisa diambil dan diputuskan dalam mimpi, mengapa ini bisa terjadi ?
karena memang pada dasarnya manusia itu melakukan semua tindakan dan keputusannya itu berdasarkan kesadaran yang dimiliki oleh pikirannya, tanpa adanya kesadaran pikiran, maka sulit bagi manusia untuk bisa menentukan tindakannya. Hal ini ternyata berlaku juga untuk mimpi, dimana jika pikiran kita terbangun dan berfungsi dengan normal di mimpi maka sesuai hukumnya, kita bisa menentukan apa tindakan yang akan kita lakukan dalam mimpi. Itulah menariknya lucid dream.

Seperti yang kita tahu, dalam alam mimpi, pikiran kita merupakan indera kita, sehingga kekuatan pikiran kita mencapai puncaknya dalam alam mimpi, sehingga apapaun yang kita inginkan, jika kita mampu mengarahkan kekuatan pikiran kita pada tujuan kita dalam mimpi, maka akan terwujud goal itu, cuman sisi jeleknya juga ada, semakin kita ragu dalam mimpi maka keraguan itu akan makin kuat, semakin kita takut gagal, maka dalam mimpi goal tersebut kemungkinan besar juga akan gagal. Kekuatan pikiran dan emosi memainkan peranan penting dalam alam mimpi.
Jadi RANGKUMANNYA lucid dream menurut ane adalah: sebuah kondisi dimana manusia mampu menjaga kesadaran meskipun tubuh fisik beristirahat. sebenernya, agan gak perlu bermimpi juga kok untuk mendapatkAN lucid dream, mengapa demikian ? karena pada intinya jika manusia mampu menjaga kesadaran hingga menembus batas antara alam sadar dan tidak sadar, maka ‘KONDISI’ ini bisa tercapai.
sehingga itulah muncul teknik seperti WILD, karena memang manusia pada dasarnya mampu untuk mencapai kondisi ini kapanpun dia inginkan. cuman untuk mampu mencapai tahap ini tentu perlu pembelajaran yang panjang, yah seperti contoh biksu-biksu tibet itu. Mereka tidak perlu bermimpi untuk mendapatkan lucid dream, mereka cukup bermeditasi dan menjaga agar pikiran tetap terjaga hingga menembus batas alam sadar dan tidak sadar.

TAMBAHAN :
menurut ane, lucid dream itu, merupakan awal dari perjalanan manusia untuk menjelajah dunia supranatural yang jauh lebih besar dari pada sekedar lucid dream. jadi Astral menurut ane itu, bisa didapatkan melalui lucid dream, karena LD itu katakanlah baru sekedar ruang tunggunya doank, sedangkan di luar ruang tunggu itulah terbentang misteri illahi yang ane belum mau otak atik, atut.



Posting Komentar