Tips cara menghidupkan dan mematikan mesin motor dengan baik dan benar.

Cara menghidupkan dan mematikan mesin motor dengan baik dan benar agar tidak merusak mesin

Seringkali kita menganggap sepele hal ini bukan?? Sebenarnya cara yang salah dalam menghidupkan dan mematikan mesin motor bisa berakibat fatal dalam jangka panjang dan berakibat penurunan daya tahan motor (lowered durability).

Mari kita mulai langsung saja agar bro bikers semua tahu, pertama-tama saya akan bahas cara Menghidupkan Mesin Motor Biasanya kalau pagi hari bro bikers akan berangkat untuk beraktifitas seringkali langsung menghidupkannya dengan menggunakan starter elektrik bukan?? Itu adalah cara yang salah untuk menghidupkan motor karena saat itu mesin motor kita sedang dalam kondisi dingin, menghidupkan memakai kick starterpun masih belum benar tetapi itu lebih baik daripada memakai starter elektrik secara langsung.Lebih baik menghidupkan mesin dengan tahap berikut : 
1. Keadaan motor haruslah dalam posisitegak, gunakan standar tengah 
2. Gunakan kick starter dengan cara di selah atau di kick beberapa kali (5 - 10x) saat mesin dalam keadaan mati,hal ini agar saat oli mesin motor menyebar secara sempura untuk melumasi mesin. Oli mesin akan turun dan tidak melumasi mesin secara sempurna dan menyeluruh saat motor kita beristirahat di malam hari. 
3. Setelah itu hidupkan kontak motor, dan gunakan kembali kick starter untuk menghidupkan motor.
 4. Pada saat kedaan motor menyala jangan langsung menarik gas dengan kekuatan penuh, cukup sampai rpm 2000 / 3000 saja atau tak usah ditarik gas pun tak apa-apa (memanaskan motor minimal 1 menitdan maksimal 3 menit).
5. Jangan sampai menekan tombol elektrik starter saat mesin menyala, karena itu tidak baik akan mengganggu kelistrikan motor. Mematikan Mesin Motor Mematikan mesin motor pun ada cara yang benar dan harus diperhatikan agar tidak merusak mesin saat mesin akan mati. Berikut hal yang harus diperhatikan : 


1. Jangan mematikan motor secara langsung dengan memutar kunci kontak, diamkan dahulu sebentar agar putaran mesin motor menjadi putaran normal dahulu.
 2. Jangan mematikan motor dengan menarik gas terlebih dahulu, karena itu akan menyebabkan suhu mesin motor melonjak naik saat putaran mesin motor akan berhenti. 
3. Jangan pernah iseng-iseng mematikan motor pada saat keadaan sedang berjalan, bayangkan saja motor yang sedang berputar ribuan kali per menit tiba-tiba berhenti mendadak putaran mesinya! Bagaimana bro bikers?? Info yang lumayan penting bukan?? Kick starter itu bukan sesuatu yang kuno atau hanya memenuhi motor saja, jangan samakan mesin motor kita dengan motor super sport yang memang dirancang siap dan mempunyai teknologi tinggi.Sekian tips dari saya, semoga membantu agar motor bro bikers semua tidak cepat rusak.

Posting Komentar